Dari Layar Sosialisasi Buku KIA, Giat Bidang Kesehatan Masyarakat

Dari Layar Sosialisasi Buku KIA, Giat Bidang Kesehatan Masyarakat

Kabar Noken, Merauke – Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, melalui bidang Kesehatan Masyarakat dengan program peningkatan kesehatan ibu melahirkan dan anak tahun 2021 melaksanakan kegiatan Sosialiasi Buku KIA selama dua hari 19-21 April 2021, dimana acara tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Kadinkes Merauke, dr. Neville Muskita, bertempat di Carein Hotel, Kamis (22/4).

Kepada Kabar Noken, Yosefina Sampe Riba, Kabid Kesehatan Masyarakat mengatakan, buku kesehatan ibu dan anak yang telah digunakan sejak 1994 di Indonesia telah mengalami tiga kali revisi lima tahunan mulai tahun 2009, tahun 2015 dan tahun 2020. Buku KIA tersebut sudah tersebar diseluruh Indonesia, dalam proram prioritasnya, buku KIA menjadi alat bantu penyuluhan dan pencatatan kesehatan ibu dan anak secara terpadu. Guna meningkatkan cakupan dan mutu penggunaaan buku KIA.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Roos Anita Pelamonia, S.Gz yang juga Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat, menjabarkan, bahwasanya kegiatan sosialisasi Buku KIA revisi 2020 ini diikuti oleh peserta melibatkan bidan coordinator, dokter umum dari 25 Puskesmas yang ada di Kabupaten Merauke, Bidan Praktek Mandiri, RSUD, RSAL dan RS Bunda Pengharapan.

“Semoga dengan semangat KARTINI memacu semangat para bidan di Kabupaten Merauke untuk ikut serta berperan dalam penurunan AKI dan AKB serta Stunting pada Balita,” tambah Ketua Panitia yang juga sebagai Kepala seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Masyarakat.

Roos melanjutkan, sebelum kegiatan dimulai seluruh peserta diberikan lembaran pre test dan post test untuk mengetahui sejauhmana peserta mampu memahami dan mengetahui manfaat penggunaan BUKU KIA. Menurutnya, hasil test menunjukan 27% yang tidak tahu dari hasil pre test menjadi 6%.

“Salah satu narasumber yang berkenan hadir secara virtual adalah dr. NI Made Diah Permata Laksmi D, Subdit Kesehatan Anak Balita dan Anak Sekolah Direktorat Kesga Kemenkes RI, Dokter Spesialis Kandungan RSUD Merauke, dokter special penyakit dalam RSUD Merauke,” Ujar Ketua Panitia, Roos Anita Pelamonia, S.Gz.

Kegiatan yang mayoritas pesertanya adalah perempuan tepat pada tanggal 21 April lalu, menggunakan atasan bertema kebaya Nampak kental dengan nuansa peringatn Hari Kartini. “Hal tersebut direspon positif oleh peserta, membangun spirit Kartini yang dapat memotivasi kami semua yang ada disini,” Ujar Roos mengakhiri perbincangan. (Will)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.