Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-75, Guru Diharapkan Tingkatkan Dedikasi dan Loyalitas

Kabar Noken, Merauke – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Merauke, Papua, Thiasony Betaubun meminta para guru dapat memaknai dengan baik momentum hari jadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-75 serta Hari Guru Nasional, 25 November.

Yang utama, Kadis P dan K mengharapkan, para tenaga didik untuk merapatkan barisan dan hati, meningkatkan dedikasi dan loyalitas yang tinggi dalam menjalankan profesi, menyelamatkan generasi bangsa. Terlebih proses pendidikan yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19.


“Kerja di dunia pendidikan harus memiliki loyalitas dan kasih. Merauke sendiri sebagai daerah tapal batas. Kemajuan pendidikan di Merauke menjadi tolak ukur kemajuan pembangunan di Indonesia,” ujarnya.

Dia mengakui, hingga kini kondisi pendidikan di daerah belum berjalan optimal, masih adanya permasalahan yang mewarnai dunia pendidikan di daerah. 

“Masalah pendidikan menjadi tanggungjawab bersama, orang tua, masyarakat juga pemerintah,” katanya.

Salah satu permasalahan yang dimaksud adalah, kekurangan tenaga guru. Ini berdampak pembagian penempatan guru yang tak merata.

Menurutnya, daerah masih membutuhkan penambahan guru sebanyak 2.150. “Di Merauke memiliki 12 Paud, 105 TK, 227 SD, 67 SMP, 17 SMK, 23 SMA, dan 23 PKBM. Kondisi pendikan di Merauke kekurangan guru, dengan perhitungan jumlah rombongan belajar dan siswa, kita butuh penambaham 2.150 guru,” terangnya.

Diketahui, peringatan HUT PGRI tahun ini dilaksanakan ditengah masa pandemi. Sehingga, tak banyak kegiatan yang dapat digelar. 

Meski begitu, lanjut Betaubun, hendaknya momentum tersebut menjadi motivasi tersendiri sekaligus wahana intropeksi dalam peningkatan pelayanan dan pengabdiannya untuk bangsa.(Yani)

2 thoughts on “Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-75, Guru Diharapkan Tingkatkan Dedikasi dan Loyalitas

  1. Whats up very cool site!! Guy .. Excellent .. Wonderful .. I’ll bookmark your website and take the feeds additionally…I am satisfied to seek out so many helpful information here in the submit, we’d like develop more techniques in this regard, thanks for sharing.

  2. Selamat malam bkp kepala dines pedidikan ,saya mengabdi di SD, isau 2,ulilin,sebagai guru pendidikan agama Islam,,masih belum ada tanggapan penerimaan dari kantor dinas pk, kami mohon smoga komentar saya ini dapat di tanggapi atau di angkat jadi pendidik , Di SD ,ISAU ,2,Ulilin,kami mohon atas perhatian bpk terhadap kami .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.