Ir. Harmini: Volume Sampah Meningkat, Petugas Kebersihan Terbatas

Ir. Harmini: Volume Sampah Meningkat, Petugas Kebersihan Terbatas

Kabar Noken, Merauke – Ditemui Kabar Noken di sela-sela kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh Alumni SMAN 1 Angkatan 99, Kepala Dinas Lingkungan Hidup  mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh komunitas yang dipimpin Mayor Marinir Willy Tiniyap, kepada 201 anggota petugas kebersihan dibawah pembinaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke berupa paket sembako, Selasa (4/5). 

Terkait pelayanan sampah yang dibawah tanggung jawab nya, Harmini menegaskan bahwasanya, sejalan dengan meningkatnya jumlah pelanggan sampah, meningkat pula volume sampah hingga mencapai puluhan ton perhari . 

Kepada Kabar Noken, Harmini yang sejak 2017 menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini berujar ” Idealnya untuk melayani pelanggan yang mencapai 8600 an pihaknya harus didukung kelompok petugas kebersihan sebanyak 400 orang. Setiap hari sampah yang masuk di TPA diteruskan ke TPS. Namun fakta dilapangan, Harmini mengakui, saat ini pelayanannya kepada pelanggan agak terkendala dengan rusaknya jalan menuju TPA, peralatan yang kurang serta terbatasnya armada angkutan sampah. 

Harmini mengatakan “Kami sering dikomplain oleh pelanggan berbayar, bahkan seringkali melalui media sosial,” Tuturnya.

Menurutnya jika masyarakat mau komplain jangan di media sosial, namun sampaikan secara elok melalui kolom komentar dibelakang kartu langganan sehingga bisa segera ditindaklanjuti oleh pihaknya. Disisi lain upaya Harmini, untuk mengatasi masalah sampah dengan memaksimalkan tenaga petugas yang ada serta menambah jam kerja dengan tidak membebani anggaran yang sudah ditetapkan oleh pemerintah karena disesuaikan dengan jadwal sedemikian detail agar dapat melayani dengan maksimal. 

Menyoal biaya retribusi sampah sekitar 20 ribu rupiah per setiap rumah tangga, dana tersebut langsung disetorkan ke Kas Daerah setiap bulannya. 

Adapun terkait honor petugas kebersihan diklasifikasikan sesuai dengan beban kerja, seperti penyapu jalan dan petugas taman berkisar 92 ribu per hari sementara untuk sopir 150 ribu per hari.

Harmini menghimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan karena tidak ada petugas khusus untuk membersihkan sampah-sampah liar yang dibuang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, tukasnya. 

Ia mensyukuri selama bulan puasa, banyak pihak yang sangat peduli dengan bapak ibu petugas kebersihan, pemberian paket-paket sembako yang diberikan juga tanpa pandang bulu, semua mendapatkan bagian. 

Pada kesempatan pemberian paket sembako, Danyonmarhanlan XI Mayor Marinir Willy Tiniyap bersama rekan-rekan Alumni SMAN 1 Angkatan 99 sebanyak 23 orang yang terlibat pada Senin pagi bertempat di Taman Mandala, Willy menyampaikan apresiasi nya kepada segenap petugas kebersihan yang telah memberikan kontribusi menjaga kebersihan kota Merauke.

Sebagai rasa syukur pula dirinya bersama teman-teman seangkatan berjibaku mempersiapkan paket-paket sembako yang diharapkan bermanfaat bagi penerimanya, selain kepada petugas kebersihan, pihaknya juga berbagi ke komunitas lainnya, semoga berkah. (Will)

4 thoughts on “Ir. Harmini: Volume Sampah Meningkat, Petugas Kebersihan Terbatas

  1. guard hydroxychloroquine online india assess [url=https://hydroxychloroquined.online/ ]hydroxychloroquine price comparison[/url] controllers hydroxychloroquine coronavirus africa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.