Jelang Pilkada, Antusias Anak Muda Menjadi Peserta Pengawas Distrik Meningkat

Kabar Noken, Merauke – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Distrik Merauke menggelar seleksi penerimaan peserta pengawas Tempat Pemungutan Suara ( TPS ) menjelang pemilihan kepala daerah tahun 2020 di Bawaslu Kabupaten Merauke dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19, (24/10).

Kegiatan dimaksud guna menghadapi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 di Kabupaten Merauke.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum sekaligus Divisi SDM dan Organisasi Oktofina Amtop, S.Sos saat ditemui media Kabar Noken mengatakan bahwa, antusias dari anak muda begitu besar untuk mengikuti seleksi peserta pengawas TPS.

Seleksi ini diadakan oleh Panwaslu Distrik Merauke, yang mana ingin terlibat langsung dalam pesta demokrasi yang akan berlangsung pada tanggal 9 Desember 2020.

Lanjut Oktofina, peserta yang sudah mendaftar sekitar 246 orang, sedangkan yang dibutuhkan Panwas Distrik hanya sekitar 189 orang yang nantinya akan ditempatkan pada 11 kelurahan dan 5 kampung yang berada di wilayah distrik Merauke.

“Itu merupakan tugas pokok Panwas Distrik, tugas kami dari Bawaslu Kabupaten Merauke hanya memfasilitasi tempat untuk melaksanakan kegiatan seleksi peserta pengawas TPS distrik saja,” ucapnya.

Lanjutnya, para peserta yang mengikuti seleksi akan diperiksa rekam jejaknya, yang mana tidak terlibat didalam partai politik ataupun mendukung salah satu paslon yang ada.

“Peserta pengawas TPS harus netral,” ujar Oktofina.

Ketua Bawaslu Merauke juga menambahkan, nantinya setiap peserta pengawas TPS distrik yang lolos akan menerima pembekalan atau pelatihan selama 2 hari sebelum tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panwaslu distrik Merauke Janter Sirait mengatakan bahwa, seleksi di tahun ini sangat antusias jika dibandingkan pada tahun 2015 yang lalu, lebih banyak pendaftar pada tahun 2020 ini.

Menurutnya, besar antusias warga merauke untuk memastikan pengawasan pilkada yang jujur dan adil.

Dirinya juga berharap, sekirannya para peserta yang terpilih semoga amanah dalam menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang ada.

Apalagi dalam situasi covid – 19 lanjut dia, agar bisa menjaga situasi yaitu dengan menjaga kesehatan tetap sehat.

“Harapannya dengan banyak antusias masyarakat berarti kita bisa memilih pengawas TPS yang benar – benar terbaik, semua peserta baik, akan tetapi kita akan memilih orang orang yang terbaik diantara yang terbaik,” tutupnya.(CAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.