Kadistrik Jagebob: Semangat Paskah, Semangat Bangun Kampung

Kadistrik Jagebob: Semangat Paskah, Semangat Bangun Kampung

Kabar Noken, Merauke – Menjelang perayaan Paskah tahun ini di Distrik Jagebob yang jumlah penduduknya mencapai 7890 jiwa tersebar di 14 kampung yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani palawija dan peternak sapi, babi dan ayam ini, oleh Kepala Distrik Jagebob, didorong semangat untuk membangun kampung, Kamis (01/04). 

Kepada Kabar Noken Ronald P Mahuze S. STP, lulusan IPDN tahun 2006 ini menjelaskan, wilayah Kampung Poo yang berbatasan dengan Kampung Toray dan Erambu, merupakan satu-satunya kampung lokal yang memiliki sebuah situs Patung Kristus Raja Semesta Alam yang berdiri megah di Kampung Poo. Lokasi tempat berdirinya patung tersebut sering menjadi tujuan wisata bagi umat Katolik yang datang dari Kota Merauke maupun tempat lainnya. 

Kepala Distrik Jagebob, Ronald P Mahuze, S. STP

Kepala Distrik Jagebob, yang sejak 2018 bertugas  di distrik Jagebob mengatakan “Menjelang Paskah ini, jembatan yang yang menghubungi masyarakat menuju Kampung Poo, sedang rusak parah, apalagi jika hujan deras.” Ronald berharap kepada kepala kampung untuk dapat mengelola anggaran dana kampungnya untuk segera dapat memperbaiki jembatan yang rusak. Jika jembatan itu baik maka yang akan menikmati akses jalan tersebut adalah masyarakat sendiri. Dengan jalan yang baik dapat mendorong perekonomian masyarakat menjadi lebih baik pula. Sehingga semangat untuk menjadikan Patung Kristus Raja Semesta Alam di Kampung Poo ini untuk menjadi tujuan wisata dapat direspon kembali oleh masyarakat. 

Kadistrik bersama perangkat distrik Jagebob, Pastor Paroki bersama Orang Muda Katolik (OMK) tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan rohaniawan mempersiapkan diri menyambut Paskah tahun ini dengan sukacita. 

Adapun semangat membangun kampung dapat diukur dengan semangat melakukan perubahan mentalitas dan sikap dalam bekerja. Seperti dalam hal melakukan pengawasan, monitoring dan evaluasi terhadap pengelolaan dana kampung telah dilakukan oleh distrik.

Sebagai seorang kepala distrik, dirinya melakukan pendampingan dalam membuat LPJ Kampung. Bila ada data-data atau menyangkut administrasi yang lambat dirinya tak segan-segan membantu.

Mengakhiri bincang-bincang dengan Kabar Noken, Ronald berpesan “Menyambut Paskah, semua harus saljng menjaga kebersamaan dan kedamaian, sehingga semua ritual pekan suci menyambut Paskah bisa berjalan dengan baik,” tutupnya. (Will)

One thought on “Kadistrik Jagebob: Semangat Paskah, Semangat Bangun Kampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.