Kapolres Merauke Pimpin Apel Gabungan Brimob dan Polres Merauke

Kabarnoken.com, Merauke – Kepala Kepolisian Resor Merauke AKBP Ary Purwanto, S.IK mengambil alih langsung apel gabungan Brimob dan Polres Merauke dalam rangka mengantisipasi kegiatan kelompok masyarakat yang akan melaksanakan aksi Unras, yang bertempat di Areal Lingkaran Brawijaya Merauke Papua. Kamis (3/9).

Tepatnya pagi tadi pukul 08.10 Wit kegiatan apel gabungan dilaksanakan yang diikuti sekitar 200 personil yang diikuti oleh Wakapolres Merauke, Wadanyon Brimob, Para Kabag, Para Kasat, Para perwira dan seluruh personil Polres Merauke dan Brimob Merauke.

Dalam arahannya Kapolres Merauke menekankan beberap hal kepada seluruh personil diantaranya penyampaian pendapat di muka umum adalah hak seluruh warga masyarakat yang diatur dalam UU RI Nmor 9 tahun 1998, “Polri dapat menolak aksi unras bahkan Kepolisian dapat juga membubarkannya apabila unras tersebut sudah melanggar aturan, mengganggu ketertiban umum yang lebih besar, melanggar norma- norma Nasionalisme maka Kepolisian berhak menolak dan melarang kegiatan aksi unjuk rasa tersebut jika tetap dilaksanakan,” ungkapnya.

“Kedepan kita harus siap, jaga kesehatan, periksa perlengkapan dalam mengamankan tahapan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke tahun 2020 dari tanggal 4 sampai dengan 6 September 2020 di KPUD Kabupaten Merauke,” lanjutnya.

“Lanjut dikatakan, kita harus pastikan besok tanggal 4 sampai dengan tanggal 6 September 2020 bahwa proses Demokrasi pada tahapan pendaftaran Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke tahun 2020  harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan penyelenggara,”

“Pola pengamanan, cara bertindak dilapangan akan dibagi tugas dan dijelaskan oleh Kabag Ops, saya mengingatkan keamanan masyarakat yang lebih diutamakan, jangan sampai ada korban jiwa baik dari anggota maupun dari masyarakat”.

“Latihan dan tahapan kita sudah latihkan kemarin dalam pelaksanaan Simulasi Sispamkota, anggota tidak boleh bergerak sendiri, harus dalam ikatan kelompok baik itu regu, peleton ataupun kompi dan kemudian perintah untuk melakukan tindakan tegas itu ada di komando Kapolres atau Perwira penggendali,” tutupnya.

Kemudian usai pelaksanaan apel gabungan dilanjutkan oleh Kabag Ops AKP Erol Sudrajat, S.Sos, M.Si dalam hal pembagian tugas anggota dan penempatkan personil di objek-objek vital terutama Kantor KPUD Kabupaten Merauke dan DPRD Kabupaten Merauke, kegiatan berjalan dengan aman dan tertib.

Kontributor : CAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.