Melasti, Ritual Penyucian Diri Memasuki Hari Raya Nyepi

Kabar Noken – Merauke, Menjelang Hari Raya Nyepi dan Tahun Baru Saka 1943, segenap umat Hindu di Kabupaten Merauke, dibawah wadah Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Merauke, yang diwakili dari 7 Pura yang tersebar di wilayah distrik Kabupaten Merauke, melaksanakan agenda kegiatan ritual bertempat di Pura Agung Amerta Sari.(13/03). 

Upacara Tawur Agung Kesanga Tahun Baru Saka, berpusat di Pura Agung Amerta Sari diawali dengan berbagai ritual dengan berkumpulnya Pengajeg dari masing-masing Pura, dilanjutkan dengan acara Ida Betara Memorgi Kesagara atau Melasti di Pantai Lampu Satu yang dipimpin oleh Pinanditanya Mangku Dwiyono.

Ritual upacara Melasti berlangsung dengan khidmat yang diikuti sekitar 25 umat Hindu. 

Memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya karena situasi pandemi Covid 19, maka ada pembatasan. 

Acara Melasti tahun ini juga berlangsung sederhana namun tetap bermakna.

Setelah ritual Melasti maka umat Hindu kembali ke Pura Agung untuk melanjutkan ritual lainnya yakni Mewali dari Segara, Ngeliggihan Ida Betara kemudian Mecaru Eka Sato, Sembahyang Bersama masih dipimpin Pinanditanya Mangku Dwiyono, selanjutnya ritual penutup adalah Ida Betara Mewali. 

Kepada sekitar 50 umat yang datang ke Pura Agung Amerta Sari maupun kepada segenap Umat Hindu di Kabupaten Merauke, dengan bijaksana, Pinanditanya Mangku Dwiyono berpesan, agar umat Hindu hidup harmoni dengan alam, sesama dan kepada Sang Hiyang Widi, Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai dengan tema Nasional Hari Raya Nyepi 2021, Kolaborasi Dalam Harmoni Menuju Indonesia Maju.

Mangku Dwiyono juga mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Merauke atas dukungannya sehingga Umat Hindu dapat menjalankan ibadah persembahyangan dengan baik tanpa hambatan dan umat Hindu senantiasa bisa memberikan kontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Merauke. (Will)

2 thoughts on “Melasti, Ritual Penyucian Diri Memasuki Hari Raya Nyepi

  1. I like what you guys are up also. Such intelligent work and reporting! Carry on the superb works guys I’ve incorporated you guys to my blogroll. I think it will improve the value of my website :).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.