PENUH POTENSI, PAMERAN HASIL KARYA PEREMPUAN PAPUA

Kabar Noken, Merauke – Pemerintah Kabupaten Merauke melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan KB, melaksanakan agenda tahunan ‘Pameran Hasil Karya Perempuan Papua’.

Mengingat situasi masih dalam kondisi pandemi Covid 19, maka kegiatan pameran yang dilombakan ini dilalukan dengan cara mobile.

Artinya tim juri bersama panitia melaksanakan mobile dari satu kelompok ke kelompok lainnya. 

Pada tahun 2020, 18 kelompok perempuan dampingan Dinas P3AP2KB menyatakan kesiapannya mengikuti lomba.

Kegiatan ini  berdasar pada Perda Kabupaten Merauke No. 18 Tahun 2019 tentang APBD Tahun 2020 , Perbup Merauke No. 100 Tahun 2019 tentang Penjabaran APBD TA 2020 serta SK Kepala Dinas P3AP2KB  No. 33 Tahun 2020, tentang Panitia Pelaksana Kegiatan Pameran Hasil Karya Perempuan di Kabupaten Merauke.

Kepada Kabar Noken, Kepala Dinas, Olvi Mandala menegaskan “ajang kegiatan pameran yang di dokumentasikan oleh pihak peliput dari Noken Enterprise dan Merauke Enterprise diharapkan dapat membantu mendorong promosi hasil karya kerajinan dan ketrampilan”.

Kegiatan yang telah berlangsung sejak tanggal 7 – 8 Oktober dibuka dan ditutup oleh Kepala Dinas P3AP2KB.

Rini Lestari Ketua Panitia  kegiatan dalam laporannya menuturkan “kiranya kegiatan ini tidak hanya mendorong perempuan agar mandiri sebagai pelaku usaha”.

Dewan juri yang diketuai oleh Mandesi berharap lewat pameran ini bisa menumbuhkan kreativitas dan inovasi, ekonomi produktif berbasis sumber daya lokal.

Serta bisa meningkatkan wawasan dan promosi pemasaran hasil karya perempuan Papua.

Setelah melewati proses penjurian yang ketat, maka berdasarkan keputusan dewan juri, pemenang terbaik I kelompok Perempuan Marind Putri Sanang, terbaik.

Terbaik Kedua kelompok Perempuan Wambon, terbaik III, kelompok Perempuan kima-Kima Yagawa, sementara kelompok Perempuan Woyu Makleo I meraih terbaik IV, sedangkan kelompok Perempuan Mappi meraih juara V dan terakhir kelompok Perempuan Asmat diposisi VI. (Will)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.