RPJMD 2021-2026 Kabupaten Asmat Disusun Berpijak Pada Janji-janji Politik Kepala Daerah Terpilih

RPJMD 2021-2026 Kabupaten Asmat Disusun Berpijak Pada Janji-janji Politik Kepala Daerah Terpilih

Kabar Noken, Asmat – Bupati Asmat Elisa Kambu, S.Sos mengatakan bahwa penyusunan RPJMD 2021-2026 Kabupaten Asmat  berpijak pada janji-janji politik kepala daerah terpilih. Hal ini disampaikannya dalam sambutan pembukaan pada acara Orientasi Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 Kabupaten Asmat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, Kamis 8 April 2021.

“Momentum penyusunan RPJMD ini sangat penting, untuk itu saya mengajak saudara-saudari sekalian mari kita tenang, kita arahkan hati, kita fokuskan pada pertemuan yang luar biasa ini. Pada pertemuan inilah yang akan menentukan perjalanan kita lima tahun ke depan.  Saya berikan apresiasi pada bapak-ibu yang hadir saat ini, karena ini menunjukan komitmen kita, tekat kita, keseriusan kita untuk membangun tanah ini, negeri ini, melalui kewenangan yang kita miliki masing-masing,”ujar Bupati Elisa Kambu.

“Visi yang kami tawarkan adalah menuju Asmat yang maju, sejahtera dan bermartabat berbasis budaya lokal. Apapun kebijakan yang kita ambil dalam upaya membangun di tanah ini harus berbasis budaya lokal. Asmat memilik tanah yang masih sangat luas, potensi pertanian masih  menjanjikan,  laut yang luas,  muara sungai-sungai besar, serta keunggulan ketrampilan dan budaya  yang luar biasa yaitu ukir, tarian, dan suara. Semua potensi ini sedang tidur. Oleh karenanya  kita hadir untuk memberikan manfaat ganda kepada masyarakat kita,” ujarnya.

“Pembangunan ini harus tetap berkensinambungan, pemimpin boleh berganti tetapi pembangunan tidak akan pernah berhenti. Untuk itu tugas kita sekarang adalah menyiapkan infrastruktur yang baik,  sehinga potensi sumber daya Asmat yang tidur itu bisa dilirik oleh investor, dan tentunya pembangunan di sinipun akan berkembang,“ ucap bupati menjelaskan.

“Kepada bapak, ibu, saya menaruh harapan yang besar untuk memanfaatkan waktu ini bisa memberikan berbagai isu-isu strategis yang kita sepakati bersama-sama dalam upaya memajukan Asmat ke depan,” ujar Bupati Asmat.

Sementara itu, Blasius Wasa, S.STP (Kabid Sosbud BP4D Kabupaten Asmat) selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa  tujuan kegiatan Orientasi Penyusunan RPJMD 2021-2026 Kabupaten Asmat adalah  untuk merumuskan isu strategis, tujuan dan sasaran, dan arah kebijakan dalam menetapkan prioritas pembangunan daerah lima tahun ke depan untuk dipedomani dalam penyusunan dokumen tahunan;   menjabarkan visi dan misi serta program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD kabupaten Asmat 2005-2025, RPJMD Propinsi Papua 2019-2023, RPJM Nasional 2019-2024, Arah Kebijakan Keuangan Daerah, Strategi Pembangunan Daerah dan Kebijakan Umum dalam Kerangka Regulasi dan Pendanaan yang bersifat indikatif.

“Kegiatan ini dilakukan selama satu hari, diikuti dengan peserta berasal dari para pimpinan dan anggota DPRD Kab. Asmat, para kepala OPD kab. Asmat, para kepala Distrik,  tokoh masyarakat dan pimpinan LSM. Tim asistensi dan narasumber adalah Bupati dan Wakil Bupati Asmat, Sekretaris Daerah, Tim Penuyusun RPJMD dari Kemendagri dan para kepala OPD,” ujar Blas menambahkan. (Philips R)

One thought on “RPJMD 2021-2026 Kabupaten Asmat Disusun Berpijak Pada Janji-janji Politik Kepala Daerah Terpilih

  1. Thanx for the effort, keep up the good work Great work, I am going to start a small Blog Engine course work using your site I hope you enjoy blogging with the popular BlogEngine.net.Thethoughts you express are really awesome. Hope you will right some more posts.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.