RRI : #Radio Tanggap Bencana Covid-19, RRI Merauke Peduli dan Kreatif

Kabarnoken.com, Merauke – Masih konsisten dengan tagar #Radio Tanggap Bencana Covid 19, jelang Hari jadi Radio ke 75, tepat pada 11 September 2020 mendatang, RRI Merauke tetap berkarya dan berjaya  ditengah situasi pandemi Covid-19.

Dalam semangat membangun kesadaran masyarakat , RRI Merauke dibawah pimpinan Yonas Max Tuhuleruw, bertekad melakukan campaign awardness bagi masyarakat Merauke terkait disiplin menggunakan masker, ungkapnya kepada Kabar Noken diruang kerjanya.

Penyerahan Sumbangan 2000 Masker dari PT Korindo Group. (Kabar Noken/ Will)

Pria yang pernah terlockdown hampir tiga setengah bulan di Ibu kota Jakarta ini, menceritakan pengalamannya selama ia “terpaksa” harus menyendiri di Jakarta akibat pandemi Covid saat  melaksanakan tugas di Ibu kota.

Kebijakan Pemda Papua dan Kabupaten Merauke membuatnya merasakan betul upaya disiplin terhadap protokoler kesehatan.

Baginya tidak hanya menjaga diri sendiri tapi juga orang lain. Dasar pengalaman itulah yang ia tuangkan dalam agenda pembagian masker sebanyak 2500 buah yang akan dibagi dalam 3 kesempatan ditiga titik berbeda.

Pada kesempatan itu Kabar Noken dapat menyaksikan langsung penyerahan sumbangan 2000 buah masker dari Perusahaan Korindo Group dan ditambah 500 buah dari Satgas Covid Pemda Kabupaten Merauke.

Yonas yang memimpin RRI Merauke sejak April 2019 ini, mengungkapkan , “Melihat kesadaran masyarakat Merauke untuk menggunakan masker yang semakin rendah baginya penting sekali RRI mengajak kembali masyarakat untuk disiplin menerapan protokeler kesehatan dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer serta  jaga jarak, mengingat angka penderita covid di Kabupaten  telah mencapai angka 35 orang pasien, jangan dianggap remeh.”

Gerakan pembagian masker dipimpin langsung pada esok hari tepatnya tanggal 28 Agustus 2020, didukung oleh pejabat dan staf dilingkup RRI Merauke sbanyak 50 orang.

Masih dari ruang kerjanya, kepada Kabar Noken mendapatkan informasi terkait Lomba Anak Bercerita yang digelar dalam rangkaian Hari Anak Nasional dan Hari Radio 2020. 

Pihaknya membangun kerjasama den PT. Sejahtera Noken Creative sebagai inspirator kegiatan. Ada satu capaian yang menurut Yonas cukup membanggakan dibalik agenda kegiatan Lomba Anak Bercerita yang dibuat nanti menggunakan aplikasi zoom.

Ia mengatakan, “Agenda Lomba Anak Bercerita yang digagas oleh Noken Show dan RRI Merauke diappresiasi penuh oleh RRI Pusat bahkan idenya menginspirasi RRI Pusat untuk melakukan lomba yang sama dengan jangkauan seluruh Indonesia.”

Bersama Bank Sinarmas salah satu sponsor Lomba Anak bercerita. (Kabar Noken/ Will)

Selain itu Lomba Anak Bercerita yang mengakomodir anak-anak mulai dari Paud, TK dan SD ini mendapat respons positif dari masyarakat terutama orangtua.

Dalam lomba yang digelar pada awal September 2020 ini akan melibatkan dewan juri masional seorang Psikolog ternama Mba Tika Bisono dari Tibisinergy Jakarta, Winona Pengasuh Radio Kecil  dan Mr Filip Topan Ferdinand dari Step Up Kids Learning Center Merauke.

Adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan ini sebagai wadah bagi anak-anak untuk berkreativitas, yang mana bisa melibatkan orangtua mengisi waktu membuat cerita untuk dilombakan.

Hal ini menurutnya berdasarkan pantauannya bahwa Program Acara Radio Kecil setiap minggu pagi mendapat appresiasi yang luar biasa dari anak-anak dan orangtua.

Acara lomba ini pun mendapat dukungan dari para mitra antara lain, Bank Papua, Bank Sinarmas, Ibu Fauzun Nihayah seorang Anggota DPR Propinsi Papua, Valentine Cafe, Core In Hotel, Milo Nestle, Toko Cahaya Intan dan Martabak Italy ujar Kepala LPP RRI menutup percakapan kepada Kabar Noken.

Kontributor : Will

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.