Sinergitas Penyuluhan Hukum Terpadu 2021 Digelar Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke

Sinergitas Penyuluhan Hukum Terpadu 2021 Digelar Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke

Kabar Noken, Merauke – Setelah melewati masa lockdown akibat pandemi Covid awal tahun ini, Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke, akhirnya menggelar kembali program penyuluhan yang melibatkan unsur Pengadilan Negeri Merauke, Kejaksaan Negeri Merauke, Polres Merauke, Kantor Badan Pertanahan Nasional/ATR, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Kabupaten Merauke sebagai narasumber dan kepala distrik serta perangkat kampung yang menjadi target peserta. Kegiatan ini baru dilaksanakan kembali di era new normal dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (25/3).

Dalam laporan sebagai ketua panitia kegiatan, mengawali pembukaan tahapan kegiatan di Distrik Elikobel yang dibuka oleh Wakil Bupati Hj. Riduwan, S. Sos, Mpd, Kabag Hukum Setda Kabupaten Merauke, Antonius Victor Kaisiepo, SH, Mkn menegaskan, dasar pelaksanaan kegiatan yakni UUD 45 Amandemen 1-4, Undang-undang no 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, UU no 23 tahun 2014 tentang Pembentukan Daerah dan Keputusan Bupati Merauke: 180/400/Tahun 2021 Tanggal 24 Februari 2021tentang Pembentukan Panitia Kegiatan Penyuluhan Hukum Terpadu Kabupaten Merauke.

Penyampaian materi oleh narasumber

Wakil Bupati dalam sambutannya dihadapan narasumber dan peserta dari Distrik Elikobel yang terdiri dari perangkat distrik dan kepala-kepala kampung, anggota Bamuskam, tokoh agama dan tokoh masyarakat kampung, menegaskan agar peserta memanfaatkan momen kegiatan penyuluhan ini dengan baik, untuk membangun diskusi dan pemahaman terhadap masalah Hukum yang berkaitan dengan kamtibmas terutama aturan pengelolaan dana kampung jangan sampai melanggar hukum. Lebih lanjut Wabup menegaskan, diharapkan masyarakat dapat menjadi pelopor dalam rangka penegakkan hukum di Kabupaten Merauke. Riduwan berpesan pula, agar pemateri dapat membahasakan materi-materi hukum dengan bahasa yang sederhana agar mudah dipahami oleh masyarakat.

Kegiatan pembukaan dihadiri pula Ketua Pengadilan Negeri Merauke Natalia Maharani, SH, M. Hum, yang sangat antusias mengapresiasi kegiatan yang sangat berdampak pada pemahaman masyarakat terhadap masalah hukum. 

Kepada Kabar Noken, Victor Kaisiepo menuturkan tujuan kegiatan ini agar penyebaran informasi terkait peraturan perundang-undangan dan norma hukum dipahami dengan orang baik oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat menyadari hak dan kewajibannya sebagai warganegara. Adapun materi penyuluhan menyangkut tupoksi instansi terkait, materi tentang Azas dan Eksistensi UU PA dan Perda Nomor 3 Tahun 2019 tentang Milav dan Dana Desa

Ditempat yang sama Kasubag Dokumentasi, Yunita Topon, SH juga menambahkan, pelaksanaan kegiatan penyuluhan hukum ini merupakan program tahunan, sementara anggaran kegiatan yang dilakukan bersumber dari  DPA SKPD Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke tahun anggaran 2021. Yunita juga bertindak sebagai koordinator lapangan yang mengatur jadwal pelaksanaan dibagi dalam beberapa tahapan waktu  yakni 23 Maret hingga 7 April mendatang mencakup 5 distrik, antara lain pembukaan di Distrik Elikobel, dilanjutkan ke Distrik Ulilin, Muting, Animha dan Jagebob.

Peserta penyuluhan tetap mengikuti prokes

Pada pembukaan penyuluhan di Distrik Elikobel, narasumber nampak bersemangat karena peserta sangat antusias mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis kepada hakim dan jaksa yang hadir, pada saat diskusi bertindak sebagai moderator, Timotius Mahuze, SH Kasubag Bantuan Hukum, Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke. 

Kepala Distrik Elikobel, Jimmy Rohrohmana, S. STP sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Bagian Hukum. “Kegiatan penyuluhan seperti ini sangat membantu kami di wilayah distrik dan kampung, agar masyarakat peka terhadap masalah-masalah hukum dan bisa terhindar dari masalah hukum”, ujarnya bersemangat kepada Kabar Noken (Will)

3 thoughts on “Sinergitas Penyuluhan Hukum Terpadu 2021 Digelar Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke

  1. Hi! This post couldn’t be written any better! Reading this post reminds me of my old room mate! He always kept talking about this. I will forward this write-up to him. Fairly certain he will have a good read. Thanks for sharing!

  2. Hello, Neat post. There’s a problem along with your web site in internet explorer, may check this?K IE nonetheless is the marketplace leader and a large part of other folks will pass over your magnificent writing because of this problem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.