Siswa PSG SMK N 3 Merauke Jurusan Multimedia Kelas XI, Upaya Peningkatan Kapasitas Siswa

Siswa PSG SMK N 3 Merauke Jurusan Multimedia Kelas XI, Upaya Peningkatan Kapasitas Siswa

Oleh: Wilhelmina Welliken

Pendidikan Sistem Ganda sebagai Alternatife pola pembelajaran pada pemebelajaran di SMK ditetapkan dalam keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 323/U/1971, yaitu Pendidikan Sistem Ganda selanjutnya disebut PSG adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian  kejuruan yang memadukan secara sistematik dan sikron program pendidikan di sekolah menengah kejuruan denga program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui bekera langsung pada pekerjaan sesungguhnya di institusi pasangan, terarah untuk mencapai suatu tingkat keahlian keahlian professional tertentu (pasal 1;ayat 1)

PSG yang dikenal dengan istilah Dual System atau dual adecation system dapat dijelaskan sebagai berikut, A dual education system is practiced in several countries notably Germany , Austria and Switzerland, but also Denmark. the Neterland and France, and for some years now in China and other countries in Asia; It combines apprenticessips in a company and vocational  education at a vocational school  in one course (from Wikipedia, the free encyclopedia ; 2011) Pendidikan system ganda yang  dilaksanakan yang dilaksnakan pada beberapa Negara seperti Jerman, Austria dan Swiss, juga Denmark, Belanda dan Francis dan beberapa tahun terakhir di China dan dibeberapa Negara Asia, merupakan kombinasi antara praktek kerja di perusahaan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah di sekolah kejuruan yang terintegrasikan dalm satu kegiatan.

Tujuan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) merujuk pada Kepmendikbud RI no 323/U/1997 tentang Penyelenggaraan PSG pada SMK (pasal 2 ) tujuan PSG (a) meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan kejuruan melalui peran serta IP (b) menghasilkan tamatan yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan  tuntutan lapangan kerja (c) menghasilkan tamatan  yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang menjadi bekal dasar pengembangan dirinya secara berkelanjutan (d) memberi pengakuan  dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan (e) meningkatkan efisiensi  penyelenggraan pendidikan menengah kejuruan melalui pendayagunaan sumberdaya pendidikan yang ada didunia kerja.

Report this ad, sejalan dengan itu, konsep PSG pada SMK (1996;8) menyebutkan tujuan penyelengaraan pendidikan dan pelatihan dengan pendekatan PSG adalah:


1.    Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.

2.    Meningkatkan dan memperkokoh  keterkaitan dan kesepadanan (link and match) antara lembaga pendidikan pelatihan kejuruan dan dunia kerja.

3.    Meningkatkan efisiensi  proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas professional.

4.    Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

Maka berdasarkan surat nomor 440.5/194.HUM/SMK1.3/III/2021 perihal permohonan Kesempatan Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) Siswa Kelas XI SMKN 3 Merauke Tahun Pelajaran 2020/2021, sebanyak 4 siswa/siswi Jurusan Multimedia dari jumlah keseluruhan 45 orang siswa disediakan peluang untuk belajar pada PT SEJAHTERA NOKEN CREATIVE yang bergerak pada industry Content Creator.

Dunia digital berkembang dengan sangat pesat, merambah pada industry kreatif. Dunia digital menggeser industry  media konvensional seperti pada industry radio dan televisi. PT Sejahtera Noken Creative, sebuah perusahaan local yang didirikan oleh empat anak muda yang bermukim dikota Merauke, Noken Enterprise saat ini telah memproduksi hampir 300an video selama satu tahun ini sejak akhir 2019, terus bergerak sebagai media konten kreator. Noken Enterprise memproduksi konten atau materi berupa produksi video talkshow atau perbincangan dengan labeling Noken Show, yang menghadirkan narasumber yang beragam dari berbagai bidang profesi disiarkan secara live streaming melalui akun FB Noken Enterprise dan kemudian diunggah pada channel youtube Noken Enterprise.

Sejalan dengan berbagai perkembangan dunia digital yang ada, Noken Enterprise pun melebarkan sayap ke bidang podcast, videografi, fotografi, dan capacity building. Bahkan Noken Enterprise saat ini membangun relasi dengan berbagai pihak swasta untuk mendukung produksi konten.

Berdasarkan itu maka pihak guru pendamping Jurusan Multimedia SMKN 3 Merauke, Dere Jalu Putro Nuswantoro mempercayakan anak-anak didiknya belajar pada PT Sejahtera Noken Creative. Tim yang terdiri dari empat orang mempunyai specialisasi pada bidang masing-masing dimana mereka saling bersinergi.

Agenda Pendidikan Sistem Ganda (PSG) SMKN 3 Merauke pada PT Sejahtera Noken Creative yang berlangsung selama 1 bulan 22 Maret-23 April sesuai dengan surat masuk yang harus dicapai, Sejauh ini siswa-siswi PSG yang belajar pada PT Sejahtera Noken Creative merasa sangat beruntung karena memilki pemahaman dan pengetahuan yang lebih luas lagi tentang dunia kerja pada PT Sejahtera Noken Creative.

Dari empat siswa siswi PSG yang magang pada PT tersebut, setelah dilakukan polling dalam testimoninya terungkap bahwasannya mereka mendapatkan pelajaran akan teknis dalam menggunakan alat-alat untuk memproduksi konten kreatif seperti Kamera standar untuk video sinematik, bagaimana mengedit sebuah tayangan gambar dan foto menjadi sebuah tayangan video yang menarik. Belajar teknik membuat tayangan podcast, desain baliho, desain flyer, standing banner, belajar membuat presentasi melalui power point dan lain-lain. Bersama Team Noken Enterprise, siswa-siswi juga diajak terlibat dilapangan dalam pengambilan gambar. Kegiatan turun lapangan yang dilakukan antara lain ke Kampung Yanggandur, kampung Rawa Biru Distrik Sota, ke Kampung Baad Distrik Animha serta Distrik Jagebob.

Pelajaran lainnya tentu mereka dapatkan pula pada saat team memproduksi tayangan beberapa program Noken Show yang bekerjasama dengan beberapa hotel terkemuka yang ada di Kota Merauke. Pengalaman tersendiri bagi siswa – siswi bisa menikmati sebuah proses belajar sambil menikmati dunia kerja , termasuk ketika diberi kesempatan bertemu figure –figure penting di dunia pemerintahan dan swasta.

Pendidikan karakterpun diberikan kepada keempat siswa-siswi tersebut bagaimana mereka bersikap pada saat di hotel, di kantor instansi pemerintah, pada saat mereka berada dilapangan bertemu dengan masyarakat kecil sehingga keseluruhan aspek pendidikan secara holistic dapat memperkaya kualitas pengalaman yang didapatkan selama satu bulan belajar pada PT Sejahtera Noken Creative.

One thought on “Siswa PSG SMK N 3 Merauke Jurusan Multimedia Kelas XI, Upaya Peningkatan Kapasitas Siswa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.