Yacobus Duwiri : Jelang Pendaftaran Ke KPU, Team Satgas Covid 19 Akan Batasi Jumlah Massa

Kabarnoken.com, Merauke – Implementasi Perbup no 82 Tahun 2020, tentang Penerapan Protokoler Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Wabah Penyakit Corona Virus Desease 19 (Covid 19) di Kabupaten Merauke akan berdampak pada pembatasan jumlah simpatisan massa pendukung Calon Bupati dan Wabup yang akan mendaftar ke KPU, hal ini diungkap Yacobus Duwiri selaku Sekretaris Team Satgas Covid 19 kepada Kabar Noken diruang kerjanya. (01/08).

Yacobus Duwiri yang juga sebagai Assisten III Bidang Administrasi Umum ini bertutur, “Trend kasus yang terjadi pasca new normal meningkat tajam”. Ia melanjutkan “Waktu Bulan Maret hingga Mei 2020 kasus dibawah 10 kita berlakukan lockdown, kemudian jelang periode Juni hinggal saat ini ketika new normal diterapkan disuluruh lini kehidupan baik ekonomi, sosial, kesehatan, transportasi dan lain-lain,  masyarakat nampaknya sudah mengacuhkan aturan protokoler kesehatan.”

Sosok yang juga merangkap sebagai Plt Badan Kepegawaian Pengembangan SDM ini menyayangkan terjadinya peningkatan kasus pasien Covid 19 dimana faktor penyebabnya lewat kegiatan yang mengumpulkan banyak orang dan juga pelaku perjalanan yang berasal dari kota-kota zona merah.

Masih diruang kerjanya, kepada Kabar Noken, Pria lulusan S2 Universitas Hassanudin tahun 2012 ini menegaskan terkait penerapan Peraturan Bupati no 82 Tahun 2020, Pasal 9 point D, sebagi Sekretaris Team Satgas Covid, saat menerima surat permohonan yang masuk dari salah satu Team Koalisi Pendaftaran Balon Bupati Wabup ini yang rencana mengajukan permohonan massa sebanyak 500 orang akan kami lakukan pembatasan jumlah massa yang mendampingi kandidat Bupati dan Wabup ke KPU.

Ada Team yang sudah mengajukan 500 orang massa, kami akan kurangi menjadi 100 orang. Hal ini berdasarkan pentunjuk dimaksud dalam aturan. Jika melanggar kami siap memanggil ketua team koordinator lapangan tadi.

Pihak Team Satgas Covid 19 juga bermaksud melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak keamanan, KPU dan BAWASLU.

Yakobus Duwiri berharap, semua kandidat calon dan massa yang hendak mendaftar di KPU bisa memahami kondisi yang ada dan kooperatif dengan Team Satgas Covid 19.

Semua pihak diharapkan saling menjaga dan memaklumi sitausi yang ada untuk bisa sama-sama menekan angka penyebaran Covid dengan melakukan protokol kesehatan.

Jika terjadi kerumunan yang besar potensi penularan Covid 19 bisa lebih mudah apalagi jika masa tidak mengindahkannya dengan menggunakan masker dan cuci tangan.

Sebagai bagian dari Team Satgas Covid 19 yang dibentuk sesuai dengan petunjuk dari pusat,  mantan Kadis Perhubungan periode 2014-2019 ini merasa sangat bertanggungjawab, jangan sampai masyarakat menjadi korban.

Semua upaya pencegahan dan penanggulangan sudah dilakukan. Mari kita saling menjaga dan menghargai.

Terkait rencana pembatasan jumlah massa pada tanggal 4 September mendatang, bertujuan semata-mata untuk mencegah penularan dan upaya menerapkan aturan tersebut ujarnya mengakhiri percakapan.

Kontributor : Will

One thought on “Yacobus Duwiri : Jelang Pendaftaran Ke KPU, Team Satgas Covid 19 Akan Batasi Jumlah Massa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.